Rabu, 17 Juni 2009

Penyakit Batang Berkerak Pada Euphorbia

Selain 4 penyakit yang biasa menyerang Euphorbia pada umumnya, ada juga penyakit yang kadang luput dari perhatian kita yaitu penyakit Batang Berkerak. Berhubung sepertinya penyakit ini belum pernah dibahas dalam buku-buku referensi manapun tentang Euphorbia, maka aku sangat tergerak untuk menulisnya.

Aku menyebutnya Batang Berkerak, karena pada umumnya penyakit ini menyerang bagian batang tanaman Euphorbia. Meskipun tak sampai menyebabkan kematian pada tanaman, namun jika dibiarkan tanpa penanganan yang cukup dapat menghambat pertumbuhan serta mengganggu keindahan Euphorbia kesayangan kita.

Beberapa Euphorbiaku yang terserang penyakit Batang Berkerak :





Pada tanaman Euphorbiaku, penyakit ini biasa menyerang tanpa kenal musim serta mudah sekali menular pada tanaman Euphorbia lain, baik yang masih kecil (bibit) ataupun yang sudah dewasa.

Adapun ciri-ciri Euphorbia yang terserang penyakit Batang Berkerak diantaranya :

  1. Bagian batang tanaman Euphorbia terlihat berkerak dan pecah-pecah (bersisik) pada kulit batangnya.
  2. Daun dan bunga yang tumbuh semakin mengecil dan keriting (tidak normal ukuran dan bentuknya), sehingga lama kelamaan ujung tanaman Euphorbia terlihat gundul atau tidak berdaun sama sekali.
  3. Pertumbuhan daun dan bunga terhambat dalam waktu yang lama serta terlihat tidak sehat.

Cara merawat Euphorbia yang terserang penyakit ini :

  1. Pangkas daun beserta bunga secara keseluruhan hingga tak tersisa. Rangsang pertumbuhan daun dan bunga dengan memberikan pupuk Gandasil, Growmore (sejenisnya) dengan dosis 1gr/lt/tanaman secara teratur seminggu sekali. Dengan demikian pertumbuhan tanaman akan menjadi sehat dan normal kembali.
  2. Potong bagian bawah batang yang berkerak dengan pisau yang bersih, sehingga mempercepat pertumbuhan tunas yang baru.


Dengan perawatan dan perlakuan yang tepat, pada akhirnya Euphorbia yang terserang batang berkerak dapat kembali tumbuh dan berbunga dengan sempurna. Semoga sedikit pengetahuanku ini dapat bermanfaat bagi semua …

0 komentar:

Posting Komentar